Selasa, 03 November 2009

- tumis brokoli ayam mete -


Waktu penyajian: 40 menit
Jumlah porsi: 4

Bahan:
3 cangkir kecil brokoli, potong batangnya
2 batang wortel panjang, potong tipis diagonal
140 gr mi soba
1 sdm minyak zaitun
1 sdm jahe cincang segar
3 siung bawang putih, cincang
340 gr dada ayam tanpa tulang, potong kecil
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
3 batang daun bawang, iris tipis
1/2 cangkir kaldu ayam
1/2 cangkir kacang mede mentah, disangrai

Cara membuat:
1. Rebus brokoli, wortel dan mi soba ke dalam panci berisi air. Tutup panci dan rebus selama 3-5 menit hingga sayur-sayuran agak empuk. Tiriskan dan pindahkan ke dalam mangkuk.

2. Tuangkan minyak zaitun ke atas wajan dan panaskan sejenak. Tumis jahe dan bawang putih dengan panas yang sedang selama 1-2 menit atau hingga wangi dan warnanya sedikit menguning. Tambahkan ayam, kecap asin, dan minyak zaitun. Aduk dan masak selama 4-5 menit, atau hingga semua bahan matang. Terakhir, tambahkan daun bawang dan masak selama 1 menit.

3. Masukkan mi soba, sayuran dan kaldu ke dalam tumisan lalu aduk hingga semua bahan tercampur. Angkat masakan setelah matang, bagi ke dalam 4 piring dan sajikan masing-masing porsi dengan menaburi 2 sdm kacang mede.

Info gizi per penyajian:
398 kalori, 30 gr protein, 42 gr karbohidrat, 5 gr serat, 14.5 gram lemak, 2.5 gr lemak jenuh, 47 mg kolesterol, 366 mg sodium.

Flat Belly Bonus:
Daging ayam mengandung vitamin B seperti niasin dan B6 yang dapat mejaga metabolisme dan fungsi tubuh tetap bekerja dengan baik agar proses penurunan badan lebih maksimal.

Tidak ada komentar: